Tips Foto saat Travelling

Travelling udah jadi salah satu gaya hidup saat ini. Mulai dari anak muda hingga yang sudah mapan bekerja akan menyempatkan waktu untuk travelling. Mulai dari kota sekitar sampai negeri seberang, banyak lokasi yang akan dikunjungi.

Travelling tidak hanya bentuk syukur atas kenikmatan dan keindahan dunia yang diberikan oleh Tuhan, tapi juga menjadi salah satu bentuk refreshing dari rutinitas yang dilakoni. Tapi, nggak cuma itu aja, hal yang wajib dilakukan saat travelling saat ini adalah mengambil gambar 😀

Munculnya social media  dengan platform image, seperti instagram dan pinterest, membuat keinginan orang untuk mengambil gambar. Foto yang diambil juga nggak sembarangan, cari objek yang tepat dan pengambilan gambar yang menarik. Begitu juga saat travelling. Tidak hanya untuk menikmati kota atau alam yang didatangi, tapi juga mengambil gambar dari tempat tujuan.

Kita bakal kasih beberapa tips untuk kamu yang akan mengambil foto saat travelling nih:

  1. Check list lokasi pariwisata dan kuliner. Browsing dan lihat referensi foto-foto mengenai daerah atau tujuan wisata kamu di sana.
  2. Siapkan peralatan kamera yang praktis dan ringan. Kamera yang besar, berat, dan lengkap akan mengurangi mobilitas kamu selama jalan-jalan. Gunakan kamera dan lensa yang praktis da bisa memotret di segala kondisi. Jangan lupa selalu cek perlengkapannya.
  3. Siapkan memory cards dengan kapasitas yang besar atau beberapa memory cards dengan kapasitas medium. Kamu nggak mau kan baru setengah perjalanan tapi udah nggak ada space dan harus hapus foto-foto yang lain dulu?
  4. Usahakan paham dengan situasi cuaca di daerah yang ingin dikunjungi. Kalau memang sedang hujan, siapkan jas hujan atau pelindung air untuk kamera kamu.
  5. Pahami situasi sosial dan adat istiadat daerah tujuan wisata. Bakal beruntung banget kalo kamu bisa mengambil gambar acara adat di sana. Tapi jangan sampe kamu mengambil gambar yang dilarang ya. Pastikan selalu minta ijin sebelum mengambil gambar, terutama untuk daerah pelosok yang masih menujunjung tinggi adat.
  6. Jangan ragu untuk mencoba seluruh alternatif short, seperti wide angle, medium, close up, portrait, maupun landscape.
  7. Catat beberapa informasi dari foto, seperti nama lokasi, peristiwa unik, latar belakang terjadinya kejadian tersebut. Informasi tersebut bisa menambah cerita dari foto kamu.

Kalo kamu prepare dengan baik, kamu bisa mendapatkan hasil yang baik dari foto travelling kamu. Jangan sampe foto kamu sedikit atau banyak gagal hanya karena kamu tidak mempersiapkan diri ya 😀

No Comment

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.