Tips Portrait Fotografi

Bidang fotografi bisa dibilang cukup banyak, seperti stage, portrait, landscape, dan lain lain. Seorang fotografer biasanya hanya fokus pada beberapa bidang aja. Salah satu bidang yang paling banyak didalami adalah portrait.

Mengambil gambar model nggak semudah yang dikira. Beberapa hal perlu diperahatikan untuk mendapat gambar yang bagus. Model yang cantik, ganteng, atau lucu nggak menjamin kamu bisa dapetin gambar yang bagus.

Pertama, kamu harus bisa bikin model kamu rileks dulu. Ini penting, karena kalo model kamu tegang juga bakal susah untuk mengarahkan. Untuk bikin rileks, kamu bisa saling memperkenalkan diri dulu, ajak ngobrol basa-basi aja dulu.

Sebisa mungkin, jangan gunakan background yang ramai. Atau kalau emang backgroundnya ramai atau outdoor, penuhi frame kamu dengan si model, jadi perhatian atau fokus masih ada di model itu. Tapi perlu diperhatikan juga background nya, walaupun ingin fokus pada model, dilihat juga apakah ada yang mengganggu pada background, misal tiang listrik, tali yang keurai, dan sebagainya. Kalau memang mengganggu, geser atau berpindah lokasi supaya background tetap menarik.

Atur juga pencahayaan. Sebisa mungkin maksimalkan cahaya yang ada. Cahaya alami akan lebih bagus digunakan, tapi kalau memang tidak menunjang, jangan gunakan flash kamera built in karena akan merusak pencahayaan. Kalau emang butuh pencahayaan tambahan, sebisa mungkin gunakan flash eksternal atau lighting yang memang digunakan untuk foto indoor.

Fokuskan pada mata model. Mata merupakan daerah sentral fotografi potrait. Jika fokus pada mata sudah tajam, maka gambar akan terlihat baik. Kamu bisa juga memberi ruang di depan mata subjek. Area lebih di depan mata bisa memperkuat kesan dan secara otomatis akan mengajak mata yang melihat untuk menjelajah gambar. Teknik ini bisa disebut dengan rule of space.

Itu baru sedikit tips dari kita. Kalo temen-temen ada tips tambahan, bisa dishare di comment box. Bagi ilmu ke orang lain nggak bikin berkurang kok ;D

3 Comments

leave a Comment

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.